Pages

Selasa, 15 November 2011

Wedding Experience


jangan menebak isi dari judulnya, itu bukan pengalaman menikah gw haha sorry im still not married yet. jd ini hanya pengalaman pada saat gw menghadiri pernikahan (orang lain). Dua hari ini gw ngintil ibu bapak kondangan. 2 hari ada empat kondangan tapi gw ikut tiga doang hehe. Entah kenapa gw suka ikut ke acara pernikahan. Seneng aja dandan pake baju rapih terus liat pengantinnya, tamu2nya yang sibuk wara wiri nyari makanan, dekorasinya yang penuh dengan bunga-bunga cantik,ukiran es, pelaminannya yang tiap pernikahan pasti beda-beda sesuai adatnya, dan tentunya makanannya yang rasa dan jenisnya pasti beda. Dan tiap dateng ke pernikahan yang makanannya enak pasti gw selalu bawa pulang kartu nama cateringnya entah buat apa, haha.

Nah berhubung lagi tanggal cantik 11.11.11 makanya jalanan rame banget orang-orang pada pergi kondangan, katanya sih di Jakarta ada 1000 pasangan yang menikah di tanggal itu, luar biasa. Semoga biduk rumah tangganya selalu cantik sesuai dengan tanggalnya :)

Pengalaman ikut ke kondangan adalah bisa liat langsung acara-acara khusus kaya pedang pora. Pedang pora tuh biasanya diadakan untuk mempelai yang kerjanya di Angkatan, nah itu diadain pas sebelum pengantin berdiri di pelaminan, ada musik live drum band khas tentara plus pasukan pedang pora membentuk formasi khusus lengkap dengan seragam dan pedangnya, aahh merinding setiap liat itu. Pengantin laki-lakinya gagah pake seragam pengantin perempuannya keliatan anggun lemah lembut di samping si mempelai laki-laki yang berseragam gagah itu *mupeng*. Kebanyakan yang sering liat langsung upacara adat jawa, mulai dari lempar2 sirih (lucu liatnya pasti kalo lagi lempar2an pengantinnya mesam mesem, kalo gw ntar lemparnya sepohon2nya aja biar puas *pelampiasan* haha), injek telur, suap2an makanan sama minuman, abis itu sungkeman. Yah kurang lebih seperti itulah yah. Selain itu pernah juga 2 x ikut ke acara pernikahan kerabat yang agamanya kristen/katolik, awalnya potong kue, terus mempelai plus orang tua 2nya cheers minuman, abis itu lempar bunga. Dan pas tamu-tamu lagi makan biasanya mempelai bersama dengan WO nya turun dari pelaminan nyamperin tamu-tamunya untuk salaman atau foto2 plus bagi2in cokelat/permen yang dibawa sama pengiring pengantinnya. Nah pernah juga yang agak awam buat gw (yang biasa dateng ke nikahan yang bisa wara-wiri hyamperin meja prasamanan atau ngantri desek2an di gubuk2an) waktu dateng ke acara pernikahan di Solo (tempat gw kuliah dulu รง kesannya udah lama banget :p ). Kalo disana biasanya pake istilah piring terbang, jadi begini kita dateng sebelum upacara mulai terus duduk manis di bangku yang udah disediain yang biasanya ada meja kecilnya, waktu itu gw agak bingung koq ada daftar menu di mejanya. Ternyata daftar menu itu berisi makanan2 yang akan disajikan. Jadi piring terbang itu, si tamu Cuma duduk manis nanti pelayan2nya yang nagterin makanan ke kita. Waktu it pertama makanan yang dateng adalah teh manis, terus makanan kecil (kue), kue habis datenglah si soup matahari, ga lama datanglah makanan utamanya (nasi dan lauk pauk yang udah di tata di piring), dan terakhir datanglah desertnya waktu itu es krim puding. Katanya sih setiap makanan itu ada artinya, dijelasin sama MC nya tapi pake bahasa jawa, berhubung gw adalah orang jawa KW 3 jadi ga ngerti apa yang diomongin si MC haha. Dan setelah desert habis, si mempelai turun dari pelaminan dan berdiri di depan pintu keluar, untuk selanjutnya kita pulang dan sekalian ngucapin selamat dan pamitan sekaligus sama si pengantin. Lucu yaa tapi yang pasti lebih terarah sih di tempat pernikahannya ga semrawut. Macem-macem ya ternyata adat pernikahan itu, tapi walaupun cara penyelenggaraannya beda-beda Cuma satu tujuannya punya keluarga yang bahagia dan langgeng selamanya.
  
Dan selama perjalanan pulang tadi gw mikir, nanti pernikahan gw seperti apa ya? boleh dong ya gw ngayal-ngayal dikit kan kalo kata Om Mario Teguh “sesungguhnya kamu akan sebahagia dugaanmu” :p khayalan gw, gw simpen aja di pikiran dan doa gw, semoga diijinin sama Allah ..aamiin :)

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers