Pages

Kamis, 30 Juni 2011

Soto Sokaraja @Solo

Di daerah Solo tepatnya didaerah Solo Baru terdapat kuliner yang wajib untuk di coba khususnya bagi para perantauan dari daerah purwokerto. Kemarin saya diajak untuk mencicipi kuliner khas purwokerto oleh teman saya yang kebetulan asalnya dari Purwokerto, makanan ini adalah Soto sokaraja dan tempe mendoan. Kalau tempe mendoan saya sudah pernah mencicipi, tapi kalau soto sokaraja? Belum pernah tau, yang saya pernah makan soto ayam, soto daging, soto betawi , soto kudus, soto mie, soto bogor, soto bening (soto daging di daerah kampus yang harganya 2500 isinya cuma kuah, suiran daging, sama seledri -____- ). Saya dan dua teman saya memesan tiga mangkuk soto daging Sokaraja, 3 kerupuk mie, dua gelas es teh, sebotol aqua (dan saya tambah air putih karena seperti biasa saya kepedesan) dan seporsi tempe mendoan (Total Rp 40.000)

Akhirnya pesanan datang kalau dilihat memang porsinya kecil (tapi setelah satu porsi habis ternyata kenyang juga). Isinya potongan daging, tauge, daun  bawang, potongan ketupat, dan tentunya kuah bening, nah yang beda disini ada tambahan bumbu kacangnya.cara makannya bumbu kacangnya dicampur di kuah soto, awalnya mikir apakah matching kuah dicampur bumbu kacang dan ternyata enaaakkk :) biar lebih krenyes-krenyes lagi makannya sambil ditemenin pake kerupuk mie yang biasa buat asinan, tapi ternyata orang-orang purwokerto nyebutnya adalah cireng (aneh yaa padahal cireng itu kan aci digoreng yang biasa ada di tukang gorengan, ahh entahlah terserah dia nyebutnya apa). Nah ini dia penampakannya :




Nah kalau tempe mendoan itu adalah tempe yang dibalur tepung dan ditambah irisan daun bawang (eh seledri atau daun bawang ya? Hihi saya lupa) lalu digoreng setengah mateng, dan dihidangkan bersama sambel kecap. Tapi teman saya yang dari purwokerto mengajarkan cara makan dengan metode lain yaitu tempenya dimasukkan ke dalam kuah soto yang tentunya udah dikasih bumbu kacang, dan ternyata enak juga J disini satu porsi tempe mendoan isinya 6 buah. Jadi satu porsi bisa dimakan untuk 3 orang. Ini dia penampakan si tempe mendoan :



Lokasi si soto Sokaraja ini ada di Jl. Raya Solo Permai No.12 Sukoharjo tepatnya disekitar daerah bundaran tanjung anom ke arah Solo Baru. Kalau dari arah singosaren, rumah makan ini terletak di sebelah kiri jalan. Warung makannya tidak begitu besar dan ada spanduk didepannya. Oiya Guruh Soekarno Putra pernah makan disini loh, koq saya tau? Soalnya didinding warung makan ini terpajang foto beliau. Harga seporsi soto sokaraja dibandrol Rp 7.500 dan seporsi Mendoan Rp 7.500.

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers