Pages

Senin, 13 Juni 2011

Bandengan Beach & Panjang Island (Jepara)


Hari minggu kemarin saya jalan-jalan ke salah satu pantai di Jepara namanya pantai Bandengan. Dari Solo (Terminal Tirtonadi) saya naik Bus jurusan Semarang jam 5 pagi, motor saya titipin di tempat penitipan motor 24 jam di deket terminal (ongkos titipin sehari Rp. 2000). Setiap saya berangkat pagi menuju Semarang pasti ketemunya sama bus Rajawali dan kalo sore hari dari Semarang pasti ketemunya sama bus new Ismo ongkosnya sama – sama Rp 20.000,- , dan ini dia jadwal keberangkatan kedua bus tersebut : (sebenarnya Bus Solo – Smg ada banyak selain kedua bus tersebut ada bus Taruna, Safari, dsb. Ada juga Travel yang ongkosnya kira-kira Rp 30.000 dan kena charge kalo mita sampe tempat yang diinginkan)


Setelah melewati Kartosura, Boyolali, Salatiga, Ungaran akhirnya sampe juga di Terminal Terboyo Semarang (2 jam perjalanan << kalau pagi. Kalau siang atau malam bisa sampe 3 jam). Dari Terboyo saya lanjutkan perjalanan menuju Kudus dengan naik Bus Nusantara (naik Bus Harum juga bisa, ongkosnya sama-sama Rp. 6.000). sekedar tips, turun dari bus Semarang lebih baik turun di depan terminalnya setlah jembatan penyebrangan rumah sakit, ga usah ikut ke dalam terminalnya, karena saya punya pengalaman buruk. Dulu waktu pertama kali ke Kudus, saya ikut masuk samapai dalam terminal (heran deh ibu kota provinsi tapi terminalnya amburadul banget, banjir pokoknya ga bgt deh.) nah pas saya turun berdatanganlah zombie-zombie terminal yang nawar2in tiket, berhubung saya belum pengalaman saya tanyalah ke salah satu zombie,
Saya: “ke Kudus naik apa ya pak?”
Zombie : “oohh naik bus itu aja mba, bayarnya disini mba” << sambil nunjuk bus
 Saya : “berapa pak?” << masih positiv thinking, mengasumsikan bahwa orang2 di Jawa Tengah ga terkecuali di Terminal sekalipun pasti baik-baik dan memiliki jiwa penolong
Zombie : “Rp 25.000 mba”
Saya : “hahh? Mahal bangett biasanya 10rbuan pak (sotoy)”
Zombie “ itu mah adanya siang mba yang ga AC, kalo yang ini AC mba”
Saya : mulai takut dan mikir kalo datengnya siang berarti gw harus nunggu dalem kandang zombie (terminal) ogahhh “yaudah nih pak” << pasang muka judes dan ngasih duit ga ikhlas.
Pas naek bus, gilaaaa busnya biasa banget setipe sama kopaja dikasih AC sama di ganti kursinya kasih busa (sama aja ga setipe ya kaya kopaja hahaha) mana 25 ribu gw?? Saya tanya mba-mba yang lagi duduk sendirian di Bus tanya ongkosnya dia jawab “Rp 6.000 mba” baru mikir Solo-Smg aja yang busnya bagus dan butuh 3 jam perjalanan = RP. 20.000, ini Smg-Kudus Cuma 1 jam perjalanan = Rp 25.000. haaaahhhh gila saya ditipu!!! Kamp**t!!!
Sejak saat itu setiap di terminal saya selalu pasang muka judes karena beranggapan semua orang di terminal adalah bersaudara dan punya kelakuan yang sama , huh! 

Oke lanjut setelah 1 jam akhirnya sampai juga di terminal Kudus. Nah dari sini ke Jepara saya naik motor di jemput sang kekasih pujaan hati :p kira-kira 40 menitan akhirnya sampai juga di Pantai Bandengan, masuk gerbang Pantai Rp 10.000 (2 orang + motor) terus parkir bayar Rp 3.000. pas masuk pantai ebuset rame banget. Pantai ini cocok banget buat wisata air keluarga, semacam pantai Ancol atau Carita tapi ini jauh lebih better, airnya masih bersih dan masih ada sisi – sisi pantai yang ga di penuhin orang (mungkin karena hari minggu juga kali ya makanya rame byanget).  Ini dia penampakannya , rame banget kan?

Tapi di ujung sana deket tempat penginapan sepi banget ga seramai deket pusat penyewaan mainan. ni dia penampakan yg sepinya yg saya ambil dari http://wisatayo.com/bandengan-beach
Oiya disini ada macem-macem permainan ada banana boat (Rp 30.000/orang), Kano (Rp 20.000/Kano/sepuasnya), Jetski (Rp 120.000/15 menit), Donat Air (5.000/15 menit), ban pelampung, dsb. 




Dan pilihan jatuh untuk menyewa perahu Kano (sebenarnya agak sensitif kalo ngomongin Kano inget skripsi saya yang pake metode KANO -________-). Lumayan dapet baju pelampung juga, jadi kalo udah capek mendayung bisa langsung nyemplung dan berenang sesuka hati. 
  
untung ada orang baik yang mau fotoin :p dan untung kameranya ga dibawa kabur hihii

Ombaknya hampir ga ada, (ciri pantai pantura memang ombaknya ga ada, katanya sih gitu... ), sampai ke tengah laut masih dangkal jadi masih bisa berenang dengan tenang, bagian dasarnya pasir bukan karang. Kalau berenang di pantai Ancol atau Carita masih agak mikir soalnya airnya kan keruh banget tuh kaya air Kali kalo disini ga airnya bersih warnanya bergradasi. Puas banget main air disini, seneng banget deh pokoknya.
Oiya dari pantai Bandengan ada fasilitas perahu juga yang bisa mengantarkan kita ke Pulau Panjang tarifnya Rp 10.000/orang pulang pergi, dari Pulau Panjang nya juga ada perahu yang bisa minta nganterin kita ke Pantai Kartini (dari Pantai Kartini bisa langsung naik feri menuju Karimunjawa #mupeng), next time semoga bisa nyebrang ke pulau yang satu itu (Karimunjawa). 
Sampe Pulau Panjang kira-kira 20 menit, pantainya masih bersihhhh banget, pasirnya putih banget. Di dalam pulau ada pemakanam (ga tau makam siapa kayanya sih makam orang kerajaan gitu, banyak juga yang ziarah kesana).  Tadinya pengen nyebur disini tapi nanti basah kan masih harus balik ke Pantai Bandengan pake perahu, jadinya Cuma basahin kaki aja deh. 

Pulang dari sini makan Bandeng Bakar sama Bakso Bandeng tapi di Kudus :p bukan di daerah pantai karena di pantai ini ga ada seafoodnya, makanannya Cuma bakso dan kawan-kawannya gitu.
Secara keseluruhan ni pantai + pulau cukup memuaskan, tapi kayanya harus di rawat dan di jaga sebaik-baiknya deh, kalo ga ntar nasibnya bakalan kaya Pantai Ancol atau Carita yang kotor.ayo Pemerintah Jepara dan masyarakat serta para wisatawan rawat dan jaga pantainya baik-baik ya...minimal jangan buang sampah sembarangan lahhh

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers