Pages

Jumat, 10 Juni 2011

How To Teach the Children ?


Sebulan kemarin setelah seminar Tugas Akhir saya melarikan diri sejenak dari hal-hal yang berbau dengan Tugas Akhir dan dunia perkuliahan. Saya pun memutuskan untuk pulang ke rumah, berhubung juga udah 4 bulan lebih ga menginjakkan kaki di rumah dan merasakan keramaian suasana rumah.

Sampe rumah di sambutlah oleh dua keponakan saya, satu keponakan perempuan bernama Fina umur 5 tahun, dia adalah anak dari kakak laki-laki saya yang pertama. Keponakan kedua bernama Adit (bisa juga dipanggil Rasya) umurnya 3 tahun, dia adalah anak dari kakak perempuan saya. Waktu saya sampai rumah, saya ke masuk ke kamar Fina yag masih tidur, saya bangunkan dan dia langsung senyum-senyum. Ga lama dari kamar bawah ada tangisan Adit yang baru bangun tidur dan ditinggal mamanya kerja, saya masuk kamarnya eh nangisnya makin kenceng. Oke dua hal yang contrast yang satunya seneng yang satunya biasa aja. Jelaslah kalo si Fina itu dari lahir udah deket sama saya, waktu mamanya lagi sakit di rumah sakit dan umurnya si Fina belom setahun aja saya ngejagain dia seharian, mulai dari makan, bikinin susu (bukan ASI yaaaa :p ), nidurin dia (dan akhirnya saya duluan yang tidur), dan menyaksikan dia pup waktu lagi gantiin popok -____-“.  Kalo si Adit, waktu dia lahir saya di Solo, jadi sampe sekarang ga seakrab saya ke Fina, ya masih akrab sih tapi kadang mau kadang ga suka-suka dialah.

Selama melihat tingkah polah kedua keponakan saya itu, banyak pelajaran yang saya ambil. Pertama adalah punya anak itu ga gampang, apalagi pas usia-usia batita atau balita :
a.      1.  Harus siap finansial , karena kebutuhan mereka khususnya yang masih batita atau balita itu kebutuhannya termasuk ga murah contoh : susu formula, pampers
b.      2. Harus siap fisik , mengurus anak itu ga mudah stamina kita harus OK dan harus ada kerja sama antara ibu dan bapak, kalo ga ada kerja sama dan koordinasi yang baik, modyarrlah.... Kita harus stand by jagain mengantisipasi hal-hal yang bisa mencelakakan mereka, harus siap bangun malem yang kadang terganggu oleh tangisan-tangisan mereka akibat ngompol ataupun haus minta susu, jam tidur kita harus menyesuaikan mereka.
c.       3. Harus siap mental, harus sabar bener ngadepin anak. Contoh kaya saya, mental saya belum siap waktu ngeladenin keponakan2 saya itu emosi kadang dengan gampangnya muncul dan harus saya tahan di ubun-ubun dan berackting tetap baik supaya mereka ga takut, hufff padahal udah gatel banget pengen nabok >,< . mungkin karena bukan anak sendiri ya makanya jadi sebel sendiri. Nah sabar itu sangat-sangat diperlukan, dan sifat keibuan sangat juga diperlukan. Anak kecil itu banyak maunya dan banyak tanya.
d.      Harus udah tau cara yang baik dan benar untuk mendidik anak. Beda cara beda juga otput yang dihasilkan.

Nah kalo faktor a,b,c itu tergantung dari individu kita masing-masing, kalo faktor d ini nih yang bingung. Contoh kasus nyata adalah dua keponakan saya ini. Fina itu dari kecil udah dilarang-dilarang makan sembarangan, pokoknya makanannaya harus bener-bener terjaga, kadang kita (tante dan mbah2nya) takut kalo mau nawarin makanan takut salah, jadi semua harus dapet ACC dari mamanya. Dan efeknya Fina ini, kalo makan makanan sembarangan sedikit langsung sakit entah itu flu, demam, atau tipes. Untungnya anakanya nurut mungkin ngerti rasanya sakit, disuntik dan diinfus jadinya kapok deh. Tapi kasian juga kalo kita lagi makan es dia Cuma ngeliatin pas ditawarin dia Cuma bilang “ga, Fina ga muau. Ga boleh” padahal dari matanya keliatan banget mupengnya.
Nah kalo yang Adit dari kecil udah di bebasin makan apa aja, dari umur 2 tahun aja udah doyan makan (bukan di emut tapi dikunyah -__-) permen golia yang pedes banget dan itu makannya bisa terus-terusan kalo ga dikasih pasti ngambek. Dia makan apa aja boleh, tapi sakitnya jarang mungkin karena udah kebal ya. Tapinya sekarang ga doyan makan nasi (makan nasi sih 3 kali sehari tapi sedikit banget), maunya cemal cemil aja. Kesukaannya adalah permen, roti cokelat, oreo, kerupuk dan kawan-kawannya (pokoknya yang kriuk kriuk), goreng2an. Ga suka sayur, ga suka yang berkuah-kuah. Sebenarnya anakanya pinter cepet nangkepnya tapi apa apa harus diturutin kalau ga diturutin bakalan nangis jerit-jerit -_______-. Untung permintaannya masih seputar makanan dan mobil-mobilan.


Perbedaan sifat yang contrast, sebenarya bagaimana yang  benar? Ahhh saya jadi bingung @,@ susah menemukan solusinya, orang tua sayapun ga ngasih solusi, mereka cuma bilang, belajar dari pengalaman dan kehidupan pernikahan dua kakakmu, contoh yang baik buang yang jeleknya.
Ahhh ya sudahlah, wallahuahlam :)

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers