Pages

Jumat, 10 Juni 2011

Jalan-jalan Ke Pondok Cabe


Tanggal 2 Juni kemarin saya ikut Bapak menemui Mbah Saroyo (bisnis lah biasa, hehe), beliau adalah om nya Ibu yang umurnya sama dengan Bapak (Tapi tetap saja saya manggil beliau Mbah Saroyo, rada aneh sih  tapi ya sudahlah). Mbah Saroyo pensiunan dari Pelita tapi karena masih memiliki kemampuan akhirnya beliau dipekerjakan lagi untuk menjaga tower di Bandar Udara Pondok Cabe untuk mengarahkan pesawat-pesawat yang landing ataupun take off ataupun sedang terbang. Ah lupa ambil foto Towernya, naik keatas melalui tangga yang hampir 90 derajat. Pas sampe atas keliatan semua tuh penampakan Bandara , pengen foto-foto tapi malu hihihiii... kebetulan waktu itu ada dua orang yang sedang latihan atau Cuma iseng-iseng (kurang tau juga) menggunakan pesawat (sejenis Cessna tapi lupa namanya apa yg jelas kode komunikasi antara si penerbang dan mbah ku itu adalah “Charlie November”), pesawat itu buatan seseorang yang bernama Philip yang memang hobi traveling pake pesawat, baling-balingnya pun terbuat dari kayu (weeeww...). nah orang yang lagi mau terbang itu (katanya sih beliau itu DIrjen  Perhubungan, tapi saya ga kenal :P ) telepon mbah Saroyo untuk konfirmasi kalo dia dan temannya mau terbang 2x lagi, mbah Saroyo pun menjawab “oke, tapi cucu saya ikut ya” kira-kira jawaban dari seberang telepon san aadalah “siap pak, nanti langsung tunggu di Hanggar aja”.
Dalam hati saya, cucu? Di ruangan ini adalah cucu si mbah Cuma saya atau ntar cucunya mau dateng ya? Telepon ditutup si Mbah tanya “mau kan naik pesawat itu?” sambil nunjuk pesawat yang lagi pelan-pelan jalan mau take off, saya Cuma nyengir kuda. Dalam hati oalahhh cucu itu adalah saya, tapi pasti si dirjen dan temannya itu ngira cucu mbahnya adalah anak kecil kira-kira umur 5 atau 10 tahun yang imut dan lagi lucu-lucunya, ah pasti saya menghancurkan ekspektasi mereka karena ternyata cucu si mbah adalah saya seorang mahasiswi berumur 22 tahun yang belum jelas nasibnya -_-.
ini dia penampakan si cessna dg kode panggilan Charlie November


Singkat cerita saya diantar Bapak menuju Hanggar (tempat parkir pesawat-pesawat cessna) menunggu si Bapak yang katanya Dirjen untuk landing. Lalu si bapak Dirjen turun dan mengulurkan tangan ke saya untuk salaman, sumpah ramah banget saya aja ngerasa segan untuk ngajak salaman duluan. Dan tibalah giliran saya untuk mencicipi naik pesawat kecil dan imut itu. Rencananya saya terbang bersama dengan Bapak Pujo beliau adalah technician di Garuda, baik dan ramah banget. (jelas baik lah kalo ga baik mana boleh saya nebeng pesawat, padahal ada anaknya ehem laki-laki yang kayanya pengen naik juga). 

Saya ceritakan dalam pesawat itu Cuma ada 4 kursi, 2 didepan, dua lagi di belakang, tapi kayanya itu pesawat Cuma mampu bawa dua orang deh, buktinya anakanya ga ikut padahal masih ada kursi di belakang. Di dalem pesawat ga ada kipas angin apa lagi AC jadi bener-bener pengap bgt. Sebelum take off kita harus pake seat belt (sudah pasti) dan pake Head set yang dual fungsi yaitu melindungi telinga dari kebisingan dan  sebagai alat komunikasi dengan si pilot.
Oke sekarang saya cerita bagaimana sensasi naik pesawat kecil, imut, dan menggemaskan itu. Rasanya tuh kaya naik wahana di Dufan, awalnya setelah lepas landas rasanya kaya naik kora-kora setelah itu biasa aja yah kaya naik pesawat biasa lah bisa liat pemandangan di bawah. Sekedar info rute saya bukan Jkt _ Solo tapi Cuma muter pondok cabe, sawangan dan sekitarnya. Dari atas bisa liat rumah-rumah padat penduduk, mesjid Kubah Emas, kompleks pemakaman, dan di ujung sana keliatan Indocement dan gunung kapurnya...aahh jadi kangen masa-masa di Indocement. Selama perjalanan saya ngobrol-ngobrol sama Pak Pujo lewat microphone kecil yang tersambung Headset, beberapa menit kemudian agak pusing karena si pesawat goyang-goyang ga karuan kena angin, miring kanan miring kiri. Kata Pak Pujo terbang sebenarnya enakan pagi atau sore anginnya lebih stabil, kalo siang anginnya kaya gini ini nih kenceng banget. Tadinya saya disuruh nyobain megang kendalinya tapi lgsg saya tolak lah, saya masih mau wisuda dan nikah pak, ampun pak jangan paksa saya <<< plakk!!. Si Bapak asik muter-muter dengan pesawat yang miring-miring, saya mulai merasakan pusing yang amat teramat, ludah mulai asem, perut mulai bergejolak rasanya kaya naik wahana rajawali @,@, mau bilang “udah pak, udah pak, saya ga kuat lagi” tapi gengsi, saya Cuma menanggapi pas beliau bilang “panas bgt ya?” “iya pak, pusing juga ya” agak ga nyambung memang. Saat perut mulai berontak di headset terdengar suara Mbah Saroyo dari Tower “Charlie November, $*&%^$@#@^&^*&*^$%#$ Final ^$%#%$&”  (agak heran deh koq bisa ya si penjaga tower sm pilot punya komunikasi yang lancar dan baik, padahal vokalisasinya tuh ga jelas sama sekali, kalo saya jadi pilotnya atau penjaga towernya pasti selalu bilang “hah, apa pak?hah?ga denger” -_- #abaikan) ga tau ngomong apaan yang jelas terdengaradalah kata final artinya akhir, yess dalam hati bersorak gembira. Dan ga lama dan sebelum nasi padang dan cumi rebus keluar dari perut akhirnya Pak Pujo bilang “Oke, kita landing ya?” Alhamdulillah terima kasih Tuhan,......
  
setelah landing :) masih agak mual - mual gimana gitu, tapi tetep jaim :p

Walau pusing dan mual tapi pengalaman ini akan saya kenang, makasih Pak Pujo, makasih Mbah Saroyo. Karena memberikan pengalaman bisa naik pesawat kecil, imut, dan berbaling-baling kayu ini J
Besok harinya saya bertemu seorang teman SMP dulu yang sekarang sekolah di sekolah penerbangan, dia cerita dan nunjukkin videonya dia nyupir pesawat cessna sendirian, saya langsung bilang “gw juga Dan kemaren naik yang kaya gitu tapi pusing bgt, koq orang-orang pada kuat ya?” teman saya bilang “iya lah mereka udah terlatih, udah biasa juga, apalagi kita yang sekolah di penerbangan “sambil nunjuk bagian dada “ininya udah kebal di pukul , krn itu bmanfaat buat ketahanan supaya ga mual waktu diatas”
Oooohhhh begitu.....

Yang mau coba bisa dateng ke Pondok Cabe, katanya sih bisa ikut sekitar jam 3 sorean, tapi ga tau bayarnya berapa hihihiii :p

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers