Pages

Jumat, 28 Januari 2011

VENDOR MANAGED INVENTORY (VMI)


VMI itu apa sih? Sekedar berbagi info aja mengenai VMI berdasarkan tugas kuliah system logistic, Vendor Managed Inventory (VMI) adalah salah satu dari bentuk partnering yang bertujuan ntuk meningkatkan efisiensi inventory dalam supply chain. Kesuksesan VMI dimulai oleh perusahaan Amerika yaitu Campbel Soup dan Johnson & Johnson, juga oleh perusahaan Eropa, Barilla yang merupakan perusahaan pasta terkemuka di Eropa. Dalam VMI, supplier dapat mengetahui jumlah konsumsi pemakaian barang yang diproduksi oleh suatu perusahaan
 untuk suatu jangka waktu periode tertentu. Jumlah kebutuhan suatu perusahaan  dapat diketahui melalui suatu sistem terintegrasi antara perusahaan  dan suppiler yang bersangkutan. Perusahaan harus memiliki perkiraan akan kebutuhan pasokan barang untuk suatu jangka waktu tertentu. Perkiraan pasokan barang dibutuhkan oleh supplier agar mereka dapat mengelola inventory akan barang tersebut. Supplier juga dapat memperkirakan kapan suatu barang harus diproduksi serta kapan barang tersebut dikirim ke perusahaan . Manfaat dari VMI adalah keuntungan bagi supplier tersebut dalam mengelola inventory dengan cara memperkirakan kapan suatu barang harus diproduksi dan/ atau disiapkan. Dengan adanya perkiraan ini, supplier tidak perlu mengelola inventory barang tersebut terlalu lama. Dalam sistem VMI ini, supplier dan perusahaan  menggunakan suatu sistem informasi yang memuat segala jenis informasi baik yang dibutuhkan supplier maupun perusahaan .
Manfaat VMI antara lain :
1. Mengurangi Cost atau biaya
2. Meningkatkan Pelayanan
Dalam VMI dibutuhkan suatu teknologi informasi yang dijelaskan pada gambar di bawah ini :


Dari gambar di atas, perancangan Sistem Informasi Vendor Managed Inventory dapat disimpulkan bahwa antara perusahaan dan supplier mempunyai otoritas masing-masing dalam mengakses data dan informasi yang terdapat di dalam Sistem Informasi ini. Bagian pengadaan barang hanya mempunyai otoritas untuk memasukkan hasil peramalan untuk suatu jenis produk serta dapat mengecek ketersediaan barang di gudang. Bagian gudang mempunyai otoritas untuk memasukan data jumlah barang tersedia serta memasukan data kedatangan barang pesanan ke dalam gudang. Pihak supplier mempunyai otoritas untuk melihat data peramalan, data inventory, serta memberikan respon terhadap pemesanan barang yang di masukkan ke dalam sistem oleh pihak pengadaan barang.

Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers