Pages

Jumat, 28 Januari 2011

Peta-Peta Kerja

Buka-buka folder kuliah eehh nemu tugas waktu semester 4 pas mata kuliah APK alias Analisis Perancangan Kerja. Waktu itu tugasnya disuruh bikin Peta-Peta Kerja mulai dari Peta Proses Operasi atau kerennya dikenal sebagai OPC Operating Process Chart plus peta aliran proses, diagram alir sampai peta tangan kanan dan kiri. Dengan peta-peta kerja tersebut dapat dilihat semua langkah atau kejadian-kejadian yang dialami oleh suatu obyek ( benda kerja ) sejak awal suatu proses, sampai pada proses menghasilkan produk . Dulu produknya bebas, tapi berhubung babeh gw berwiraswasta dibidang cetak mencetak jadi prodk yang gw ambil buat nih tugas adalah pencetakan buku  mari disimak
**OPC



**Diagram Alir
• Definisi :
Suatu gambaran menurut skala dari susunan lantai dan gedung yang menunjukkan lokasi dari semua aktivitas yang terjadi dalam peta aliran proses.
• Kegunaan Diagram Aliran :
1. Memperjelas peta aliran proses, jika arah aliran merupakan faktor penting.
2. Bahan analisa untuk memperpendek jarak perpindahan.



**Peta Aliran Proses
• Definisi :
Suatu diagram yang menunjukkan urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi,menunggu dan penyimpanan yang terjadi selama suatu proses berlangsung,serta didalamnya memuat pula informasi yang diperlukan untuk analisa seperti waktu yang dibutuhkan dan jarak perpindahan.
• Kegunaan Peta Aliran Proses :
1.Mengetahui aliran bahan atau aktivitas orang mulai dari awal suatu proses sampai aktivitas terakhir.
2.Informasi mengenai waktu penyelesaian suatu proses.
3.Mengetahui jumlah kegiatan yang dialami bahan.



**Peta Tangan Kanan dan Kiri
 Merupakan peta kerja setempat yang bermanfaat untuk menganalisa gerakan tangan manusia didalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat manual.
 Peta ini akan menggambarkan semua gerakan ataupun delay yang terjadi yang dilakukan oleh tangan kanan maupuntangan kiri secara mendetail sesuai dengan elemen-elemen Therblig yang membentuk gerakan tersebut.
 Kegunaan Peta Tangan kiri Tangan kanan adalah :
 Menyeimbangkan atau mengurangi kelelahan gerakan kedua tangan.
 Menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif.
 Sebagai alat untuk melatih pekerja baru dengan cara kerja yang ideal
 keterangan simbol:



Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers