Pages

Jumat, 28 Januari 2011

Hollands typology


Dalam mata kuliah perancangan organisasi, dipelajari tentang bagaimana karakteristik suatu individu dalam organisasi yang didalamnya dipelajari variable level individu.variabel level individu itu sendiri ditentukan salah satunya oleh personalitas. Salah satu teori yang berisi tentang personalitas khususnya memadankan suatu pekerjaan cocok dengan personalitas tertentu adalah Hollands typology.        
Teori Tipologi yang diperkenalkan oleh Holland (1985; 1997) menyatakan  bahwa pemilihan suatu bidang kerja harusnya selaras dengan ciri peribadi individu. Kepribadian seseorang menurut John Holland merupakan hasil dari keturunan dan pengaruh lingkungan (Osipow, 1983 :84). Winkel & Hastuti (2005 ; 634-635) menjelaskan bahwa pandangan Holland mencakup tiga ide dasar, yaitu :
1. Semua orang dapat digolongkan menurut patokan sampai berapa jauh mereka mendekati salah satu di antara enam tipe kepribadian (realistik, investigative, artistic, sosial, konvesional, dan enterprising). Semakin mirip seseorang dengan salah satu di antara enam tipe itu, makin tampaklah padanya ciri-ciri dan corak perilaku yang khas untuk tipe bersangkutan. Setiap tipe kepribadian adalah suatu tipe ideal, yang merupakan hasil dari interaksi antara faktor-faktor internal dan eksternal. Berdasarkan interaksi itu manusia belajar lebih menyukai kegiatan tertentu, yang kemudian melahirkan suatu minat kuat yang pada gilirannya menumbuhkan kemampuan dan keterampilan tertentu.
2. Berbagai lingkungan yang di dalamnya orang hidup dan bekerja, dapat digolongkan menurut patokan sampai berapa jauh suatu lingkungan tertentu mendekati salah satu model lingkungan (realistik, investigative, artistic, sosial, konvesional, dan enterprising). Semakin mirip lingkungan tertentu dengan salah satu di antara enam model lingkungan, makin tampaklah di dalamnya corak dan suasana kehidupan yang khas untuk lingkungan bersangkutan. Masing-masing model lingkungan hidup, termasuk lingkungan okupasi, didominasi oleh orang yang bertipe kepribadian tertentu.
3. Perpaduan antara tipe kepribadian tertentu dan model lingkungan yang sesuai menghasilkan keselarasan dan kecocokan okupasional (occupational homogeneity), sehingga seseorang dapat mengembangkan diri dalam lingkungan okupasi tertentu dan merasa puas dan sukses dalam karirnya. Perpaduan dan pencocokan antara tiap tipe kepribadian dan suatu model lingkungan memungkinkan meramalkan pilihan okupasi, keberhasilan, stabilitas seseorang dalam okupasi yang dipangku.
            Tipologi Holland mengklasifikasikan tipe kepribadian seseorang dengan contoh pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut. Kebanyakan orang dapat digolongkan ke dalam salah satu dari 6 tipe, yatu: realistik, investigative, artistic, sosial, konvesional, dan enterprising (usaha) (John H. Holland 1959). Berikut ini adalah pengklasifikasian tipe kepribadian seseorang dan contoh pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut :


Tidak ada komentar:

Daisypath Anniversary tickers

Daisypath Anniversary tickers